Tujuh Bunga Hias Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan



Setiap orang pasti menginginkan rumah idamannya terlihat indah dan segar. Banyak hal yang dapat digunakan untuk mempercantik suasana dan menambah kehangatan rumah. Salah satunya adalah  tanaman hias. Tanaman hias merupakan  semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. 

Pada umumnya orang hanya mengetahui tanaman-tanaman ini sebagai hiasan untuk mempercantik dan memperindah rumah. Akan tetapi jenis-jenis tanaman ini juga memiliki fungsi lain yaitu memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit dan beberapa masalah kesehatan lainya. Berikut ini kami sampaikan tujuh jenis tanaman hias yang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan.


1.       Bunga Mawar

Bunga mawar ini memiliki nama ilmiah Rosa Chinensis Jacq. Tanaman ini bersifat hangat dan sedikit rasa manis. Bunga mawar mengandung beberapa bahan kimia yang dapat menciptakan atau membuat efek pengobatan seperti melncarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, antiradang, dan menetralisir racun. Bunga dan akar kering serta daun dalam kondisi segar dapat digunakan untuk mengobati penyakit seperti, campak, keputihan dan batuk berdarah.


2.       Bugenfil

Banyak orang menyukai bunga ini sebagai tanaman hias. Kebanyakan orang mengira bahwa tanaman ini hanya untuk mempercantik atau menambah keindahan rumah kita. Akan tetapi tanaman ini selain untuk hiasan, juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit dan permasalahan kesehatan lainya.
Bagian yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah bunga dan batang. Beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan bunga mawar ini diantaranya hepatitis, keputihan, haid tidak teratur dan biang keringat.


3.       Kamboja

Jika anda berkunjung ke tempat pemakaman pasti akan melihat bunga kamboja ini. Di Indonesia, pada umumnya bunga kamboja ini banyak ditanam di tempat pemakaman. Dengan alasan bunga ini mudah tumbuh ditempat yang kering sekalipun. Kamboja memiliki beberapa kandungan kimia yang bermanfaat untuk kesehatan.

Bagian yang digunakan adalah bunga kering, getah, kulit batang, akar, serta keseluruhan tumbuhan ini. Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan kamboja diantaranya, tumor, kencing nanah, gigi berlubang, disentri, dan bisul.


4.       Kembang Pukul Empat

Kembang pukul empat ini memiliki rasa manis, tidak berbau, sejuk dan bersifat netral. Tanaman ini memiliki efek farmakologis sebagai anti radang, meluruhkan air seni, memperlancar sirkulasi dan menghilangkan hambatan aliran darah.


5.       Melati

Semua orang tentu tidak asing dengan bunga ini, sampai saat ini melati masih begitu akrab dengan perayaan atau upacara-upacara adat. Bunga ini selain banyak digunakan untuk kebutuhan upacara adat ternyata juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Melati memiliki efek farmakologi anti radang, mengobati demam, influenza, sesak napas, dan penghilang rasa sakit. Bagian yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah bunga, akar dan daun.


6.       Teratai Kerdil

Tumbuhan ini banyak ditemukan di area yang memiliki intensitas air tinggi. Teratai kerdil ini termasuk salah satu jenis teratai. Namun ukuranya yang lebih pendek seperti kerdil. Teratai kerdil memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi yang memiliki khasiat untuk menurunkan panas dan memperbaiki fungsi limpa.


7.       Tapak Dara

Tanaman ini memiliki kandungan alkaloid cukup tinggi. Terdapat lebih dari 70 macam alkaloid pada akar, batang, daun atau biji. Seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat. Beberap penyakit yang dapat di obati dengan ini adalah kanker, hipertensi, kencing manis, leukemia dan pendarahan akibar penurunan trombosit

0 Komentar untuk "Tujuh Bunga Hias Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan"

Back To Top