Catatan Sejarah, Munculnya Tradisi Tukar Kado di Hari Natal


Perayaan Natal identik dengan tradisi tukar kado. Sehingga hari raya ini menjadi salah satu waktu yang dinantikan oleh pelaku-pelaku usaha. Bahkan di Negara-negara Eropa perputaran uang setiap harinya mencapai 4 milliar dollar AS hanya untu bertukar kado.



Selama ini tradisi bertukar kado sering diaitkan dengan kisah tiga ahli perbintangan dari timur yaitu Kesper, Melkior dan Baltasar yang membawa persembahan untuk bayi Yesus. Padahal, tradisi ini sudah ada jauh sebelum peristiwa tersebut.pada jaman dahulu Bangsa Romawi melakukan tradisi tukar kado ini pada saat upacara pergantian musim. Upacara ini lebih dikenal dengan sebutan Saturnalia.

Dengan bertukar kado pada saat Saturnalia, bangsa romawi meyakini degan ini akan dapat membawa keberuntungan pada tahun yang akan datang. Upacara Saturnalia ini diperingati tepat pada tanggal 25 Desember. Kemudian pada abad ke IV, peringatan kelahiran Yesus atau Hari Natal juga ditetapkan pada tanggal yang sama, sehingga tradisi tukar kado lebih identik dengan perayaan Natal.

Setelah berlangsung lama hingga pada saat peringatan Saturnalia mulai meredup, tradisi tukar kado juga mulai ditinggalkan. Akan tetapi, tradisi ini kembali dihidupkan lagi oleh Santo Nikolas dan berkembang hingga seperti saat ini. Hingga akhirmya, tradisi bertukar kado merambah dan mengakar hingga Eropa Timur. Bahkan, setiap Negara saat ini memiliki keunikan-keunikan tersendiri dalam hal bertukar kado.

Salah satunya Denmark, di Negara ini cara orang-orang bertukar kado sangat berbeda dan unik. Mereka membungkus kadonya dengan cara meletakkan kotak kecil kedalam kotak yang lebih besar sampai terlihat besar dan setiap lapisanya dikasih nama. Alhasil kado itu sebelum sampai kepada orang yang dituju sudah berpindah-pindah tangan.
Tag : Budaya, sejarah
0 Komentar untuk "Catatan Sejarah, Munculnya Tradisi Tukar Kado di Hari Natal"

Back To Top