Duwet, Anggur Jawa Yang Kaya Manfaat



Duwet, pada jaman dahulu atau jaman sekarang kita sering menyebutnya Anggur Jawa, entah dilontarkan sebagai candaan atau untuk mengecoh teman kita. Pasalnya, dari bentuk, warna dan ukuranya pun sangat mirip dengan buah anggur. Yang membedakan keduanya adalah pohonya. Kalua duwet memiliki pohon yang besar dan tinggi, jika anggur memilihi pohon yang merambat.



Duwet merupakan buah lokal yang banyak tersebar Indonesia. Namun, saat ini kita lebih mudah menjumpai buah impor ketimbang buah yang satu ini. duwet ini di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki nama atau sebutan yang berbeda-beda. Seperti di daerah Sunda disebut jamblang, orang Bali menyebutnya juwet, di Madura banyak yang menyebutnya dhuwak, dan masih banyak sebutan lainya.

Buah ini memiliki namalatin Eugenia cumini. Duwet memiliki rasa manis dan sedikit masam, sehingga dapat dikonsumsi secara langsung, bisa juga dicampur dengan gula. Selain enak dan segar duwet juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika kita mengkonsumsi duwet. 

1.      Untuk Mengatasi Diabetes
Beberapa zat kimia yang terkandung dalam duwet dinilai dapat digunakan untuk mengatasi diabetes. Caranya, cuci bersih 15 biji duwet dan giling sampai halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak. Minum sehari 3 kali, masing-masing 1 bagian.

2.      Diare
Selain buah dan bijinya, Pohon duwet juga dapat digunakan untuk mengobati diare karena udara dingin atau masuk angin. Caranya, cuci bersih 1 jari kulit dahan duwet kering lalu rebus dengan gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring, kemudian minum 1 gelas sehari.

3.      Menjaga Kesehatan Jantung
Duwet mengandung zat Sodium dan kalium. Zat ini sangat berperan untuk mengendalikan otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari berbagai macam resiko penyakit karena serangan jantung. Oleh karena itu, jika Anda mengkonsumsi buah duwet segar secara rutin maka setidaknya Anda bisa mencukupi kebutuhan kalium dan sodium bagi tubuh yang berefek pada kesehatan jantung kita.

4.      Mengobati Gangguan Limpa
Banyak masalah terkait dengan limpa, salah satunya yaitu pembesaran limpa. Hal ini terjadi dikarenakan ada sistem tubuh yang mengatur hormon untuk fungsi limpa tidak berfungsi secara optimal. Duwet juga bisa membantu untuk mengurangi masalah penyakit ini yaitu dengan cara membuat jus dan diminum secar rutin. Bisa ditambahkan 3 sendok madu untuk menambah rasa.

5.      Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Duwet termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi duwet secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.
4 Komentar untuk "Duwet, Anggur Jawa Yang Kaya Manfaat"

direbus, dikeringin, dijus... emg manfaatnya beda ya kalo di makan langsung?

iya mas, ada perbedaanya memang. di beberapa referensi menyebutkan bahwa memakan buah secara langsung dan dengan cara di jus penyerapanya ke dalam tubuh akan berbeda.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Buah duwet itu kaya akan manfaat, baik buat kesehatan kita. Buahnya enak dan manis

Back To Top