Kenikir, Sayuran Sehat Musuh Kanker



Rebusan sayur ini jika ditambahkan dengan sambal pecel atau sambal terasi pasti akan membuat lidah anda semakin bergoyang. Pasalnya, sayuran ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sering kita temukan pada hidangan pecel atau lalapan. Kenikir, tentu semua orang pernah melihat bahkan memakanya sebagai sayur atau lalapan.


Kenikir merupakan jenis tanaman tropis, sehingga tanaman ini mudah sekali tumbuh di wilayah atau sekitar kita. Dan tidak mengherankan pula, jika kenikir seringkali menghiasi meja makan anda. Kenikir memiliki nama ilmiah Cosmo caudatus H.B.K. dan dalam Bahasa Melayu kenikir lebih dikenal dengan sebutan Ulam Rija

Tumbuhan kenikir ini selain nikmat ternyata juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kenikir memiliki rasa manis dan bersifat dingin dan mengandung kandungan kimia seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri. Dari berbagai zat kimia yang terkandung dalam kenikir tersebut membuat tumbuhan ini memiliki efek yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat kenikir bagi kesehatan.

1.       Kurang nafsu makan

Cuci 100 gr daun kenikir segar, lalu makan sebagai lalap mentah.

2.       Lemah Jantung

Cuci 100 gr daun kenikir segar, lalu makan sebagai lalap mentah atau dikukus dan makan sebagai lalap setengah matang. Cara lainya bisa dengan merebusnya bersama 3 gelas air, diamkan hingga tersisa 2 gelas. Kemudian minum hasil rebusan tersebut.

3.       Kanker

Daun kenikir dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker dapat mengkonsumsi rebusan daun kenikir secara teratur.

4.       Menguatkan Tulang

Daun kenikir juga dapat membantu untuk menguatkan tulang, hal ini karena kenikir memiliki kandungan mineral, kalsium dan magnesium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang. Daun kenikir dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk lalapan atau dapat meminum air rebusan kenikir.
0 Komentar untuk "Kenikir, Sayuran Sehat Musuh Kanker"

Back To Top