Tujuh Cara Kontrol Asam Urat Dalam Tubuh

Asam urat merupakan bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh kita memecah partikel makanan yang mengandung purin, yang merupakan senyawa organik. Sebagian besar asam urat dilarutkan dalam darah, disaring melalui ginjal dan keluar bersama dalam urin. Kadang-kadang, tubuh memproduksi asam urat berlebih atau tidak mampu menyaring cukup itu. Gangguan ini disebut hyperuricemia, yang terjadi ketika kita memiliki terlalu banyak asam urat dalam tubuh kita. 


kelebihan kadar asam urat umumnya terkait dengan kondisi yang disebut gout, yang merupakan bentuk arthritis (deposit kristal asam urat dalam sendi). Hal ini menyebabkan pembengkakan pada sendi ditambah dengan rasa sakit, terutama di kaki. asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan penyakit ginjal, hipertensi atau penyakit kardiovaskular. Asam urat tinggi dapat disebabkan oleh diet tinggi purin, asupan alkohol yang berlebihan, obesitas, tiroid kurang aktif, faktor genetik dan kondisi medis lainnya. Berikut ini adalah tujuh cara untuk mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh anda.

1.     Air Putih
Minum air yang cukup mencairkan asam urat dan merangsang ginjal untuk menghilangkan jumlah kelebihan asam dari tubuh. Minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari mengurangi kadar asam urat Anda. Juga, memiliki buah-buahan dan sayuran yang kaya air.

2.     Hindari Makanan Berpurin Tinggi
Protein hewani merupakan sumber besar dari purin yang meningkatkan kadar asam urat. Daging, ikan, unggas, kacang-kacangan, asparagus, dll, memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh juga harus memperhatikan pola makan yang sehat.

3.     Jus Lemon
Jus lemon ini dapat menetralkan kadar asam urat dalam tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk ini juga menurunkan tingkat asam urat. Minum segelas air hangat yang dicampur dengan air lemon pada waktu perut kosong di pagi hari.

4.     Bluberris dan sejenisnya
Buah-buahan berwarna ungu dan biru mengandung flavonoid (antosianin) yang dapat mengurangi kadar asam urat dan mengurangi peradangan. Makan setengah cangkir buah setiap hari atau minum jus ini selama beberapa minggu akan memberikan hasil yang optimal, termasuk buah Ceri.

5.     Cuka Apel
Pada dunia detoksifikasi, cuka apel sering digunakan untuk menghilangkan limbah seperti asam urat dari tubuh kita. Asam malat dalam cuka sari apel rusak dan menghilangkan asam urat. Hal ini juga mengembalikan keseimbangan asam basa dalam tubuh. Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel mentah dengan air dan minum tiga kali dalam sehari.

6.     Minyak Zaitun
Sebagian besar minyak nabati menyebabkan kerusakan besar untuk tubuh kita ketika dipanaskan, seperti pada olahan, mereka berubah menjadi lemak jahat yang dapat merusak vitamin E dalam tubuh kita dan ini dapat menimbulkan tingkat asam urat yang tidak terkontrol. Gunakan minyak zaitun sebagai gantinya, karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan antioksidan. Minyak zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi untuk segala macam peradangan.

7.     Baking Soda
Cara lain untuk menurunkan asam urat yaitu menggunakan baking soda. Itu membuat asam urat lebih larut dan memungkinkan tubuh untuk menyingkirkan itu dengan mudah. Campur setengah sendok teh baking soda dalam segelas air dan minum hingga empat gelas ramuan ini setiap hari secara teratur. Namun, hindari cara ini jika anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Demikian tujuh cara ala rumahan yang dapat dijadikan kebiasaan sehat untuk mengurangi resiko asam urat dan penyakit kardiovaskular lainnya.

0 Komentar untuk "Tujuh Cara Kontrol Asam Urat Dalam Tubuh"

Back To Top