Enam Tips Sederhana Kurangi Nyeri di Payudara

Bagi anda para wanita tentu pernah merasakan pada saat mandi dan pada saat anda memabasuh bagian atas tubuh anda kemudian anda merasakan hal yang nampak berbeda. Setidaknya 80% wanita mengalami rasa nyeri pada daerah payudaranya yang pada umumnya disebabkan karena faktor hormonal tubuh atau terkena gesekan. Meski hal ini tidak menjadi pertanda yang serius, tapi bisa menimbulkan ketidaknyamanan jika akan melakukan aktifitas fisik.  Pertama, kondisi ini pada umumnya dimulai pada saat seseorang hendak mencapai pubertas mereka, sehingga kondisi ini perlu diperhatikan jika anak perempuan disekitar kita  mengeluh rasa nyeri pada bagian payudaranya.

Kondisi lain jika seseorang mengalami nyeri ini pada saat mendekati masa Menstruasi atau biasa disebut PMS (Sindrom Pramenstruasi). setiap bulannya, hanya beberapa hari saja mereka merasakan nyeri. Akan tetapi ada juga yang selama menstruasi mereka merasakan nyeri dibagian dadanya. Berbeda lagi dengan wanita yang mendekati menopause, pada usia tersebut mereka bisa lebih sering mengalami nyeri karena kondisi hormonal yang fluktuatif. Berikut ini tujuh tips sederhana untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada payudara.

1.     Minyak Vitamin E
Memberikan pijatan lembut dengan minyak vitamin E atau minyak herbal dapat mengurangi peradangan. Sehingga rasa nyeri yang muncul dapat segera membaik dan hilang.

2.     Gunakan Bra yang Nyaman
Bra merupakan bagian yang cukup penting untuk menjaga dan melindungi payudara. Oleh sebab itu, hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli bra adalah kenyamanan. Pilihlah jenis bra yang nyaman dan aman.


3.     Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti halnya kedelai sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Kedelai mengandung senyawa yang dikenal dengan fitoetrogen yang dapat mengurangi masuknya aktivitas hormonal yang terjadi saat pubertas, PMS atau menjelang Menopouse.

4.     Konsumsi Serat
Mengonsumsi makanan berserat selain baik untuk pencernaan juga sangat bagus sebagai nutrisi yang dapat menyeimbangkan hormon estrogen yang diproduksi oleh tubuh.

5.     Kurangi Lemak
Lemak tinggi dapat meningkatkan aktivitas hormone dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika merasa nyeri anda bisa mengurangi konsumsi yang tinggi lemak dan mulai memperbanyak makanan yang rendah lemak.

6.     Biji-bijian
Termasuk biji Flaxseed, Flax adalah tanaman dari anggota genus Linum dalam keluarga Linaceae). Tambahkan lebih banyak biji rami ke makanan Anda, karena asam lemak omega-3 dalam biji rami juga dapat mengendalikan kelebihan produksi estrogen untuk mengurangi kelembutan payudara.


0 Komentar untuk "Enam Tips Sederhana Kurangi Nyeri di Payudara"

Back To Top